Monday, August 27, 2012

Diklat Online Guru 2013

0 comments

Pemerintah yang diwakili Kemdikbud menegaskan bahwa bagi guru yang masih belum memenuhi standar kompetensi, wajib mengikuti diklat online. Diklat online tersebut dijadwalkan Pemerintah pada pertengahan tahun 2013. Kemdibud masih merancangnya, yang jelas gelaran diklat online pada 2013 itu akan diselenggarakan dengan berdasarkan hasil UKG 2012, terutama UKG online 2012.

Diklat online bagi guru rencana diadakan untuk guru yang kompetensi dan kemampuannya masih di bawah rata-rata.
Dengan tujuan untuk mengantarkan mereka sampai memenuhi persyaratan kualitas.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Uji Kompetensi Guru (UKG) gelombang pertama yang dimulai pada 31 Juli 2012 telah selesai diselenggarakan pada 12 Agustus lalu. Dari data tercatat sebanyak 624.702 guru telah mengikuti UKG dari 1.006.211 guru dan melibatkan sebanyak 2.979 tempat uji kompetensi (TUK).

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Syawal Gultom meyampaikan, sejak awal UKG tidak dikaitkan dengan sertifikat yang dimiliki dan tunjangan profesi, tetapi mengawal guru sampai pada kompetensi minimal yang dipersyaratkan untuk melakukan tugas keprofesian. Permasalahannya adalah bagaimana cara paling efisien agar guru capai standar minimal yang dipersyaratkan. Tentunya harus dilakukan suatu pemetaan kompetensi terlebih dulu. Sebelum sampai pada tahap diklat online, Pemerintah akan melanjutkan UKG atahun 2012. Pelaksanaan UKG gelombang kedua dijadwalkan pada 1-6 Oktober. Peserta yang ikut selain yang telah dirancang mengikuti pada gelombang kedua, juga, peserta gelombang pertama yang mengalami kendala baik teknis maupun administrasi.

Sebagai gambaran umu, diklat tersebut kelak juga akan menggunakan sistem online. Akan tetapi, daerah yang masih mengalami gangguan jaringan tetap akan menggunakan sistem manual, yaitu tatap muka. Selain sitemnya dijalankan secara daring, juga ada modul, dan ada yang tatap muka. Dengan sistem online, Kemdikbud hanya memantau dengan sistem jaringan. Teknisnya dengan cara upload materi, kita tentukan guru yang wajib mengikuti diklat online dan kita pantau.

Walaupun terkesan hanya suatu pendidikan dan latihan, tetapi diklat online tersebut tetap menggunakan evaluasi. Ujian dan evaluasinya bisa satu paket dengan diklat online.

Related Articles:

Leave a Reply

 
Diklat Online © 2011 Bank Soal & World Sharings. Supported by Google docs viewer

Thanks for All friends